SehatQ Berikan Pelayanan Kesehatan Lebih Efektif Melalui Teknologi

By Farhati Mardhiyah - 8:28 AM

Baca Juga

Pelayanan Kesehatan merupakan hak setiap orang dalam konstitusi, artinya sebagai Warga Negara Indonesia,  memiliki hak mendapatkan kesehatan. Rumah sakit merupakan salah satu lembaga pada mata rantai Sistem Kesehatan Nasional yang memiliki tugas memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat.



Pasti pernah mengalami sulitnya berobat ke Rumah Sakit, Puskesmas, maupun Klinik untuk sekedar konsultasi Dokter?. Harus mengambil nomor antrian dari pagi hari, atau harus punya kenalan orang dalam supaya kebagian jatah antrian di hari itu juga. Iya, kalau rasa sakitnya bisa ditahan, gimana kalau gejala yang dirasa itu sudah lama dan harus disegera diketahui penyebab penyakitnya itu jenis apa dan pengobatan yang tepat dari Dokter bagaimana?.

Itulah pelayanan kesehatan yang sempat kita alami, beruntungnya terbantu oleh suatu teknologi dan internet, saat ini sudah banyak Pelayanan Kesehatan yang memanfaatkannya. Banyak juga yang sudah mulai bisa mengambil nomor antrian dengan sistem online, gak perlu datang pulang-pergi dari pagi buta, serba dimudahkan. Dunia kesehatan sudah mulai memanfaatkan kemajuan teknologi di era revolusi industri 4.0, pastinya kalian juga sudah memanfaatkan kan?.

Jauh sebelum berada di revolusi industri 4.0 , pelayanan kesehatan tidak serta merta diperoleh dengan mudah. Perjalanan pelayanan kesehatan bermula ketika munculnya wabah penyakit  yang semakin beragam, sementara pelayanan kesehatan dari segi ketersediaan Rumah Sakit, tenaga medis, kebutuhan farmasi sangat terbatas.

Problematika kesehatan seperti wabah penyakit muncul ketika masa kolonial Belanda, kolera, types, disentri, cacar, malaria, frambosia, cacing, lepra, kebutaan, TBC, menyebabkan tingginya tingkat kematian penduduk Jawa dan Asia Tenggara di abad 19 – 20. Menyadari keterbatasan tenaga medis dari pihak Belanda, masuklah awal perkembangan pendidikan dokter pada abad ke 19-20, seiring juga dengan semakin banyaknya pribumi yang ter-edukasi dan memiliki profesi sebagai dokter maupun mantri.

Semakin meningkat dan berkembang pelayanan dan sarana kesehatan pada abad ke-20 memiliki dampak pada peningkatan taraf kesehatan masyarakat, wabah penyakit teratasi, dan semakin meningkat jumlah penduduknya. Melalui sejarah tersebut, sebenarnya kita harus sadar kalau pelayanan kesehatan begitu penting dalam meningkatkan derajat kesehatan.

Melalui pelayanan kesehatan, tujuan pembangunan kesehatan dapat tercapai dengan efektif, efisien dan tepat sasaran. Kalau menurut Departemen Kesehatan RI, pelayanan kesehatan merupakan upaya yang dilakukan sendiri maupun bersama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah, menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan.

Tantangan Pelayanan Kesehatan Saat Ini


Jika pada masa kolonial dihadapkan oleh tantangan ragam penyakit yang mewabah, sementara pelayanan kesehatan dari ketersediaan rumah sakit dan tenaga medis terbatas. Saat ini tantangan pelayanan kesehatan yang dihadapi di Indonesia sebenarnya masih sama, keterbatasan tenaga medis, terutama minimnya layanan kesehatan di daerah terluar, tedepan dan tertinggal (3T).

Indonesia sebagai negara kepulauan yang terkenal dengan ragam Sumber Daya Alam dan keindahan alamnya, masih memiliki tantangan pemerataan distribusi pelayanan kesehatan. Luas wilayah mencapai 1,905 juta km dengan jumlah penduduk yang semakin meningkat mencapai 269 Juta jiwa pada tahun 2019, belum adanya pembangunan merata, menyebabkan adanya kesenjangan  fasilitas kesehatan yang tidak diimbangi dengan jumlah fasilitas layanan kesehatan yang memadai.

Seperti yang kerap dialami ketika hendak berobat ke rumah sakit, isu antrian panjang dengan pasien membludak baik di kota besar maupun kecil, pasien yang tidak dapat kamar karena keterbatasan kamar maupun tempat tidur, masyarakat daerah 3T yang harus ke kota untuk mendapatkan dokter spesialis atau bahkan dokter umum, isu tersebut masih akrab dan menjadi pekerjaan gotong royong bagi Pemerintah dan masyarakat untuk saling membantu meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

Begitu juga dengan rumitnya birokrasi dengan sistem administrasi yang cukup panjang di fasilitas pelayanan kesehatan juga turut mengakibatkan semakin memperlambat proses pelayanan, padahal umumnya masyarakat Indonesia datang berobat ke Rumah Sakit ketika sudah mengalami sakit yang lebih parah, karena memang tidak melakukan pencegahan terlebih dahulu seperti memahami gejala penyakit dan pertolongan pertama yang dapat dilakukan di rumah.



Pelayanan kesehatan sebenarnya merupakan perjalanan yang dimulai dari pencegahan, pengobatan ketika sakit, dan perawatan setelah sembuh. Tidak hanya Rumah Sakit, Klinik maupun Puskesmas yang dapat memberikan pelayanan kesehatan, sajian artikel kesehatan, informasi layanan kesehatan, informasi mengenai kesehatan juga merupakan bagian dari layanan kesehatan.

Pada era revolusi industri 4.0 saat ini, tidak hanya membutuhkan konsultasi dokter, dengan memanfaatkan internet, ternyata masyarakat lebih banyak membutuhkan sajian informasi kesehatan. Terbukti dari data APJII, 51,06% masyarakat lebih membutuhkan informasi kesehatan dibandingkan konsultasi dengan Dokter sebesar 14,05%.  Era digital menjadi sebuah inovasi untuk membantu meningkatkan pelayanan kesehatan menjadi lebih efektif, terintegrasi dan lebih luas terjangkau dengan memanfaatkan teknologi komunikasi (telemedicine).

Inovasi Teknologi Pelayanan Kesehatan Lebih Efisien dan Efektif


Perkembangan revolusi industri juga berpengaruh terhadap pelayanan kesehatan, era industri 4.0 yang serba teknologi digital mampu menghubungkan seluruh dunia melalui internet. Kebutuhan hidup dan gaya hidup menjadi lebih mudah dengan adanya teknologi digital dan internet. Tidak heran, saat ini banyak yang memilih menggunakan sistem digital dan online untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, mulai dari transportasi,  belanja kebutuhan sandang maupun pangan, dan mulai memilih mengelola kesehatan dengan memanfaatkan teknologi digital.

Jika sebelumnya kita merasakan kesulitan mendapatkan informasi kesehatan yang hanya dapat diperoleh dari media cetak, dengan kemudahan yang diberikan teknologi digital, saat ini sangat mudah mencari berbagai informasi kesehatan melalui internet. Sayangnya, kemudahan dalam menyebarkan informasi tidak seiring dengan kredibilitas yang dapat dipertanggung-jawabkan.

Pernah melihat atau baca berita mengenai pengobatan tradisional, instan dan mudah?. Contohnya, dengan taglineObati jerawat dengan bawang putih”, jika informasi tersebut ditelan mentah-mentah oleh masyarakat tanpa mengetahui efek samping dari bawang putih bisa membakar kulit wajah, kesalahan fatal mungkin saja terjadi. 

Benar saja, berdasarkan data KOMINFO sepanjang Agustus – November 2019 ditemukan sebanyak 3.901 konten berita hoax, dimana tema kesehatan berada pada urutan ketiga dengan jumlah 401 konten, waw miris kan?. Kalau tidak ada artikel kesehatan yang kredibel dan terverifikasi oleh Dokter, bukannya mendapatkan kesehatan tapi bisa menimbulkan dampak buruk yang merugikan. 

Dalam hal pelayanan kesehatan, selain mendapatkan informasi kesehatan, sebagai pasien harus melalui tahapan registrasi atau daftar, antri untuk bertemu dan konsultasi dokter,  lalu untuk menebus resep dokter harus kembali antri lagi di loket farmasi. Untuk mencari informasi jadwal dokter harus datang langsung tanya pihak informasi ataupun dengan menghubungi via telfon. Tahapan tersebut dapat lebih efektif dan efisiensi dengan memanfaatkan inovasi teknologi pelayanan kesehatan yang ditawarkan oleh SehatQ.

Pengguna internet di Indonesia terus meningkat hingga tahun 2018 mencapai 95,2 juta, kabarnya tahun 2023 nanti akan mencapai hingga 150 juta pengguna. Program pemerintah dalam membangun infrastruktur satelit akan memperluas jangkauan internet dan meningkatkan pengguna internet, artinya dengan memanfaatkan platform ataupun aplikasi dari SehatQ, pelayanan kesehatan punya potensi jangkauan lebih luas.




SehatQ sebagai jawaban tantangan pelayanan kesehatan pada isu antrian panjang, pemerataan dokter umum maupun spesialis yang tidak terjangkau di daerah terpencil, pelayanan informasi kesehatan yang kredibel. Walaupun terbilang masih baru, SehatQ membuktikan sebagai platform kesehatan digital yang akan bersaing dengan menawarkan berbagai keunggulan. Diciptakan oleh perempuan muda, Linda Wijaya memberikan yang terbaik untuk menarik pengguna SehatQ lebih banyak di Indonesia.

Berbagai keunggulan dari SehatQ sudah terbukti sangat memudahkan, setelah launching beberapa waktu lalu, aku sempat mencoba aplikasi platform kesehatan yang menawarkan berbagai keunggulan. Kalau sebelumnya ketika ada gejala yang dirasa mengganggu, dibiarkan saja, setelah sudah parah dan tidak berdaya misalnya baru deh memaksakan diri berobat ke Dokter.

Padahal gejala penyakit itu tidak bisa disepelekan. Seperti beberapa waktu lalu, sempat merasakan sakit perut bagian tengah seperti menusuk selama 3 hari, awalnya mendiagnosa sendiri sambil baca artikel kesehatan di laman google, sayangnya gejala itu tidak kunjung membaik. Mulailah mencoba fitur-fitur dari SehatQ, dan ini dia fitur Unggul SehatQ yang bisa dimanfaatkan untuk merawat kesehatan kita.




Konsultasi dengan Dokter Gratis Melalui SehatQ


Isu antrian panjang dan harus bolak-balik rumah sakit dengan beban biaya yang cukup mahal, terkadang menyebabkan sebagian orang malas untuk ke dokter. Akibatnya, penyakit yang berawal dari suatu gejala yang sebenarnya bisa dicegah, menjadi lebih parah dan serius. Mengenali gejala penyakit sejak awal memang sangat penting untuk mencegah penyakit, sebagai pertolongan pertama, maka konsultasi dokter sangat dibutuhkan.

Memangkas tahapan awal untuk mencari penyebab gejala penyakit dengan mengunjungi rumah sakit atau klinik tanpa perlu antri panjang dan kesulitan mencari informasi jadwal dokter, melalui SehatQ pelayanan kesehatan menjadi lebih efisien. SehatQ ini menghubungkan secara langsung pasien dengan tenaga medis maupun penyedia layanan kesehatan. 

Pengalaman ketika sakit perut berkepanjangan selama 3 hari, saat itu juga aku langsung memutuskan untuk mengetahui penyebabnya melalui konsultasi dokter, syukurnya sangat dipermudah oleh SehatQ. Cara konsultasi Dokter di SehatQ cukup mudah, setelah registrasi dan melengkapi data yang dipandu pada saat pertama kali menggunakan aplikasi ini, konsultasi hanya dengan cara memilih menu chat dokter.





Tidak perlu khawatir, SehatQ memastikan seluruh Dokter yang melayani merupakan profesional dan terdaftar di Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan memiliki Surat Tanda Teregistrasi (STR). Konsultasi gratis melalui fitur Chat Dokter dapat dilakukan setiap Senin sampai Jumat mulai pukul 07.00 sampai 20.00 WIB, dengan durasi 30 menit per-sesi. Seluruh percakapan akan disimpan dan terjaga oleh sistem AI security website dan aplikasi, sehingga percakapan bersama dokter dapat digunakan sebagai catatan medis, tenang saja percakapan ini bersifat rahasia, hanya pengguna dan Dokter yang melayani konsultasi yang dapat mengakses informasinya.

Mencari Rekomendasi Dokter dan Rumah Sakit Terdekat Melalui SehatQ


Walaupun sudah melakukan konsultasi dengan Dokter via online, Dokter tetap menyarankan untuk bertatap muka langsung. Berbeda dengan pelayanan kesehatan sebelumnya, dengan menggunakan SehatQ, kita dapat mengetahui lebih dini penyebab gejala penyakit yang dirasakan sehingga dapat melakukan pengobatan atau pencegahan untuk pertolongan pertama.

Saat konsul, Dokter menyarankanku untuk mengurangi kopi, makanan pedas dan asam, serta menjaga pola makan tetap teratur. Untuk mendapatkan pelayanan informasi pengobatan yang tepat, Dokter menyarankan bertemu langsung dengan Dokter Spesialis penyakit dalam. Beruntungnya lagi, SehatQ punya informasi layanan kesehatan Klinik dan Rumah Sakit serta jadwal praktik Dokter Spesialis Dalam terdekat dari rumah.




SehatQ punya data informasi lebih dari 8000 Dokter yang tersebar di 300 fasilitas kesehatan seluruh Indonesia. Melalui fitur Booking Dokter SehatQ, tidak perlu lagi datang untuk mengurus administasi, cukup booking jadwal praktik Dokter secara online, prosesnya lebih mudah dan cepat dari antri minuman boba.

Selain itu fitur menu Rumah Sakit menyediakan layanan informasi fasilitas kesehatan yang cukup lengkap yaitu Rumah Sakit, Klinik, Klinik Gigi, Klinik Kulit Kecantikan, Laboratorium, dan Puskesmas. Informasinya juga sangat lengkap, ketika kamu memilih salah satu fasilitas kesehatan akan muncul informasi berapa jarak dari lokasi, alamat, jam operasional, dan Dokter yang tersedia, sangat mudah kan? tidak perlu lagi ketinggalan informasi tidak ada Dokter karena sedang tidak praktik.

Mengetahui Informasi Obat Melalui SehatQ


Ketika mendapatkan resep obat, sering tidak sih diantara kalian mencari informasi kandungan obat, aturan pakai, sampai efek samping obat?. Harusnya wajib dilakukan sih, karena sebagai masyarakat harus lebih bijak dalam menggunakan obat yang dijual bebas maupun dari resep dokter. Dari pada mendapatkan informasi yang tidak valid, langsung saja mencari informasi obat melalui aplikasi SehatQ.

Melalui fitur Obat pada aplikasi SehatQ, informasi mengenai obat sangat lengkap didapatkan. Informasi golongan obat, deskripsi, indikasi, komposisi, dosis, aturan pakai, efek samping, kontradiksi, dapat diperoleh dari aplikasi ini, mudah kan?. Layanan informasi obat ini dipastikan kredibel, karena SehatQ mewajibkan seluruh artikel yang keluar sudah ditinjau kembali oleh Dokter, coba saja lihat informasi paling bawah, pasti ada keterangannya.



Artikel Kesehatan Tanpa Hoax


Jaman yang serba mudah mencari informasi, artikel kesehatan tidak ketinggalan menjadi bahan yang paling mudah diperoleh, hanya mencantumkan kata kunci gejala yang dirasa, dapat muncul berbagai artikel yang membahas satu kaca kunci tersebut. Sayangnya, jarang sekali memiliki artikel kesehatan yang sudah valid terverifikasi langsung oleh Dokter.

SehatQ memiliki artikel kesehatan lebih dari 2.196 dengan 14 topik pilihan, seluruh artikelnya melalui banyak proses sebelum tayang secara online maupun cetak. Seluruh artikel yang tayang sudah melalui tahapan editorial ketat dan dilakukan kembali validasi oleh Dokter, artikel SehatQ ini  memberikan jaminan berkualitas secara ilmiah, dengan konten berbahasa yang cukup ringan  yang mempermudah kita memahami isi artikel.



SehatQ Berikan Pelayanan Kesehatan yang Lengkap


Seperti ulasan sebelumnya, Pelayanan Kesehatan merupakan perjalanan pencegahan, pengobatan ketika sakit, dan perawatan setelah sembuh. Pencegahan penyakit dapat dilakukan lebih dini dengan cara banyak membaca informasi dan pengetahuan mengenai penyakit secara jelas dan lengkap.

SehatQ memberikan layanan informasi penyakit dengan lengkap mulai dari penjelasan ilmiah, gejala, penyebab, diagnosa, dan pengobatan. Bahkan di akhir artikel terkait, disediakan informasi kapan harus berkonsultasi, apa yang dibutuhkan dan ketika berkonsultasi, disediakan pula pilihan dokter, untuk memudahkan berkonsultasi langsung dengan Dokter ketika sudah merasakan gejalanya.

Berbagai informasi jenis penyakit sudah tersedia di SehatQ, kita bisa memilih sesuai kategori misalnya merasakan gejala di area Mata, maka muncul berbagai informasi gangguan penyakit yang bisa dialami oleh Mata, begitu juga dengan kategori lainnya. Artikel yang sudah tersedia sudah lebih dari 1165 daftar penyakit, semuanya disajikan dengan jelas dan gambar pendukung yang menarik, jangan lagi malas membaca ya!.

Cari Informasi Acara dan Seminar Kesehatan di SehatQ


SehatQ juga memberikan informasi lokasi acara dan seminar kesehatan yang sedang berlangsung, contohnya informasi program latihan senam hamil, acara lari dan donasi, seminar kesehatan mengenai penyakit tertentu yang mengadirkan pakar di bidangnya. SehatQ juga memberikan informasi lomba di bidang kesehatan, saat ini masih berlangsung lomba foto senyum cemerlang anak yang diselenggarakan oleh salah satu Klinik, untuk ibu-ibu yang memiliki anak usia TK sampai kelas 3 SD bisa loh mulai ikut lombanya.


Promo Layanan Kesehatan SehatQ

SehatQ juga memberikan tawaran promo dan diskon, melalui fitur promo, tersedia diskon perawatan wajah, tubuh, gigi, promo scalling gratis, potongan medical check up yang dapat digunakan untuk karyawan, promo USG 4D dan 2D, paket promo fisioterapi, dan program promo menarik lainnya. Selain memudahkan, SehatQ juga bikin hemat kantong untuk merawat kesehatan kita, pas banget generasi millenial sekarang selalu mencari promo diskon.



Layanan Forum Kesehatan


Sering baca thread di laman platform?, SehatQ juga punya layanan forum kesehatan yang tersedia di website SehatQ.com, layanan ini menyediakan berbagai diskusi mengenai kesehatan dan tanya jawab bersama dokter. Forum ini menyajikan pertanyaan dan jawaban yang dapat dilihat dan dibaca pengguna lainnya.



SehatQ Bantu Memperbaiki Pelayanan Kesehatan Indonesia


Tantangan pelayanan kesehatan yang saat ini masih menjadi PR oleh Pemerintah Indonesia, kehadiran teknologi membantu memperbaikinya. Melalui hadirnya platform SehatQ, masyarakat lebih teredukasi dalam merawat kesehatannya, mulai dari pencegahan, pengobatan sampai perawatan dapat dilakukan pada SehatQ.

Kebutuhan masyarakat yang ingin lebih mudah ketika hendak berkonsultasi dengan Dokter, dijawab oleh SehatQ. Pelayanan kesehatan membludak, antri, atau ribetnya administrasi, dipangkas oleh SehatQ yang menyediakan layanan Chat Dokter tanpa antri, konsultasi gratis, bisa dilakukan dimanapun.

Jika sebelumnya masyarakat malas mencari informasi kesehatan, saat ini gaya hidup masyarakat mengikuti perkembangan era industri 4.0, maka itu mulailah banyak yang beralih lebih memilih mencari informasi artikel kesehatan dibandingkan langsung berkonsultasi dengan Dokter. SehatQ menjawab kebutuhan masyarakat mendapatkan artikel kesehatan terpercaya dan tervalidasi oleh Dokter, selain memberikan edukasi, melalui artikel kesehatan SehatQ juga membantu mencegah penyakit lebih dini.

Sesuai tagline yang diusung, bersama SehatQ membantu keluarga Indonesia menjadi Asisten Kesehatan Keluarga Anda. Tidak hanya gaya hidup dalam memesan makanan ataupun berbelanja, gaya hidup dalam merawat kesehatan sudah saatnya juga beralih ke dunia digital, keuntungannya terasa efisien dan efektif, tentunya lebih mudah.

Jadi, yuk langsung download aplikasi SehatQ di Playstore maupun Appstore sekarang juga!




********

Sumber :
https://www.sehatq.com/
https://bisnis.tempo.co/read/1062287/survei-apjii-begini-kecenderungan-pengguna-internet-zaman-now
https://kominfo.go.id/content/detail/4286/pengguna-internet-indonesia-nomor-enam-dunia/0/sorotan_media
https://www.kominfo.go.id/content/detail/20006/kominfo-temukan-hoaks-soal-isu-kesehatan-meningkat-usai-pemilu/0/sorotan_media


  • Share:

You Might Also Like

1 comment

  1. wah jadi gampang dengan adanya aplikasi SehatQ ini ya, bisa konsultasi dokter kapan saja dan dimana saja tanpa ribet

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah membaca sampai selesai-
Mari berkenalan dan saling berbagi, silahkan isi di kolom komentar