3 Mainan Pretend Play yang Disukai Anak Perempuan

By Farhati Mardhiyah - 2:02 AM

Baca Juga

Bingung beli mainan untuk anak yang bermanfaat? Moms bisa coba pilih mainan pretend play seperti profesi dokter, masak-masakan, jualan es krim, animal figure, atau kostum. 

Nah, kali ini aku mau share 3 mainan pretend play favorit anakku yang berusia 2 tahun. Mainan pretend play ini sebagian besar disukai sama anak perempuan. Sepertinya, wajib deh koleksi mainan anak pretend play sebelum usia 2 tahun.


Apa itu Permainan Pretend Play?

mainan pretend play, mainan profesi dokter, mainan alat dapur, mainan alat masak, masinan cuci piring anak, mainan jualan es krim



Pretend play adalah ide permainan seru yang mengandalkan imajinasi anak. Permainan ini melatih anak berpikir kreatif, terampil, dan aktif. Selain bisa bermain sendiri, bermain mainan dengan pretend play juga seru dilakukan bersama orangtua atau teman sebayanya.

Manfaat Pretend Play Untuk Anak


Pretend play biasanya menjadi salah satu permainan favorit anak. Selain bisa bebas mengekspresikan dirinya, permainan pretend play juga mengasah kemampuan bahasa dan sosial anak. 

Dari pengalaman anakku, permainan pretend play yang sudah dikenalkan sejak usia 1 tahun ternyata bisa membantu memperkenalkan banyak kosa kata pada anak. Apalagi beberapa jenis pretend play mendukung juga pada konsep open-ended play.

Setidaknya, manfaat bermain pretend play berikut ini yang didapatkan anakku selama 1 tahun belakangan ini.

Memperkenalkan Berbagai Emosi


Lewat bermain peran menjadi dokter, anakku jadi belajar mengenai emosi. Contohnya, ketika bermain dengan bonekanya, dia berimajinasi boneka tersebut sedang terluka. Imajinasi tersebut membangun pemahaman ketika terluka ternyata ada yang namanya rasa "sakit".

Begitu anakku sedang terluka saat jatuh, atau pada bagian tubuhnya ada yang berbeda, dia mengenali emosi atau rasa tersebut adalah "sakit". 

Mengasah Empati


Pretend play juga mengasah anakku untuk belajar merasakan apa yang dirasakan orang lain. Contohnya, ketika bermain dengan bonekanya, dia berimajinasi boneka tersebut sedang terluka. Imajinasi tersebut membangun empati dirinya untuk bertanya pada bonekanya seperti "Kelinci sakit ya? iya sakit? Kasih obat dulu ya?"

Melatih Problem Solving


Tidak sekedar bermain aja, permainan pretend play juga memperkenalkan anak untuk belajar memecahkan masalah. Mainan pretend play profesi dokter gigi punya anakku menyediakan beberapa peralatan dokter. 

Dari peralatan tersebut perlahan memperkenalkan anakku memahami fungsinya masing-masing lewat percakapan atau imajinasi bersama temannya. Tanpa ada intervensi dari aku, ternyata anakku malah mengetahuinya dari temannya. 

Jadi, dari fungsi peralatan tersebut anakku bisa memberikan solusi ketika berimajinasi pasien boneka kelincinya sedang sakit harus ada pengobatan disuntik, diukur suhunya, dicek giginya, atau diberikan obat. 

Melatih Kemampuan Bahasa dan sosial Anak


Mau anaknya bisa lancar berbicara? Sebanyak mungkin perkenalkan berbagai kosa kata. Pada 1000 hari kehidupan pertama anak, kemampuan menyerap berbagai informasi dari luar itu cukup besar. Jangan lewatkan golden age pada anak tersebut. 

Nah, lewat permaianan pretend play ini bisa melatih kemampuan bahasa melalui percakapan yang terjadi saat bermain. 

Melatih Koordinasi Fisik


Bandingkan ketika anak sedang asik nonton TV / YouTube dengan bermain masak-masakan atau profesi dokter. Tentunya akan lebih banyak bergerak ketika bermain pretend play. Permainan yang sangat mendukung perkembangan fisik anak, koordinasi tangan dan mata anak terlatih ketika memeriksa pasien, memotong sayuran, menulis, dan sebagainya.

Kalau kalian sedang mencari solusi agar anak tidak kecanduan screentime, coba berikan aktivitas yang menggunakan gerak fisiknya. Salah satu permainan yang mendukung adalah pretend play. Mainan anak yang murah, tidak perlu merogoh kocek ratusan ribu rupiah dan bisa dengan mudah mendapatkannya.


3 Mainan Pretend Play Untuk Anak Perempuan


Setidaknya 3 mainan pretend play yang ada di rumah ini sangat disukai anak perempuanku. Mainan ini bahkan sudah dipakai sejak usia 1,5 tahun. Meskipun anakku belum bisa komunikasi dua arah saat itu, tapi sudah cukup baik menyerap kosa kata. 

Mainan Profesi Dokter Gigi

mainan pretend play, mainan profesi dokter, mainan alat dapur, mainan alat masak, masinan cuci piring anak, mainan jualan es krim



Mainan dokter-dokteran ini termasuk yang paling sering digunakan anakku untuk bermain bersama. Peralatan dokter giginya cukup lengkap, mulai dari stetoskop, gunting, pinset, sampai rangkaian infus.

Bahan mainan dokter gigi ini terbuat dari plastik, tapi tidak tipis. Harganya sangat terjangkau 126ribu saja, coba cek ketersediaan mainannya disini

Mainan Anak Alat Masak atau Dapur


Kayaknya hampir semua anak perempuan pasti suka dengan mainan alat masak. Kalau anakku cukup diberikan peralatan memasak,  mainan cuci piring, sayur atau buah-buahan, dan beberapa pisau saja. 

Tidak semua mainan alat masak dan alat dapur dikeluarkan. Terkadang aku melakukan rolling pada beberapa mainan anakku, tujuannya supaya anakku tidak bosan. 

Mainan Alat Kebersihan

mainan pretend play, mainan profesi dokter, mainan alat dapur, mainan alat masak, masinan cuci piring anak, mainan jualan es krim



Menurutku mainan alat kebersihan ini wajib banget ada di tempat bermain anak. Sedini mungkin anak diperkenalkan tanggung jawab dengan kebersihan. Meskipun belum sepenuhnya bisa menyapu, mengepel, atau merapihkan mainannya.

Dengan membangun kebiasaan baik dari kecil, secara otomatis akan menciptakan kesadaran disiplin dan tanggung jawab. Harga mainan alat kebersihan gak mahal kok, mulai dari 20ribuan saja bisa mendapatkan satu set perlengkapan kebersihan mainan anak. Coba cek toko jual alat kebersihan mainan anak termurah di shopee ini.

Nah, sebenarnya ada mainan pretend play lainnya seperti movable magnetic huruf dan angka, mainan kasir anak, mainan jualan es krim, mainan set barbeque, tapi 3 mainan tersebut yang paling sering dimainkan anakku. 

Gimana, next mau sharing tentang apa lagi moms? Semoga artikel ini bermanfaat ya untuk moms.



  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)