Peluang Usaha Online di 2022, Asal Konsisten Pasti Cuan!

By Farhati Mardhiyah - 8:26 PM

Baca Juga

Setelah punya anak dan tinggal di Jogja, rasanya mulai mencoba peluang usaha online adalah keputusan yang tepat. Yah meskipun harus punya aktivitas tanpa batas, yang selalu memutar otak agar usaha online selalu menghasilkan cuan.


Untungnya, saya dan suami berada di lingkungan pekerja mandiri alias memiliki usaha atau bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah. Gak hanya dari tempat tinggal kami, dari 6 rumah kontrakan, isinya para keluarga entepreneur semua.


Begitu pun dengan lingkungan teman SMA kami berdua, kayaknya bisa dihitung jari yang punya profesi sebagai karyawan tetap di sebuah perusahaan atau instansi pemerintah. 


Jadi gak heran sih, kalau tiap hari suami sering nongkrong bareng tiap malam saling bertukar ide untuk mengembangkan usaha online atau mencari peluang baru. 


Nah penasaran gak, usaha online apa saja yang sudah berhasil dikembangkan teman-teman kami? Menurutku sih ini bisa jadi ide peluang usaha online yang layak kalian coba juga.


Peluang Usaha Online Dari Rumah Bisa Cuan

Ya karena itu, mulai dari obrolan bisa menghasilkan sebuah ide dan peluang usaha online. Nah aku mau sharing nih, beberapa peluang usaha online yang sudah dijalankan teman-teman kami.

Punya circle yang sama itu banyak manfaatnya, selalu ada aja update terbaru untuk bertahan atau mengembangkan usaha yang lagi jalan. Beberapa usaha yang sedang dijalankan suami sebenarnya itu juga hasil dari obrolan bareng teman-temannya.


Usaha Toko Buku Online atau Reseller Buku Orisinal


Rumah Berdikari (Toko Offline Berdikari Book)


Berawal dari hobi membaca buku-buku pergerakan mahasiswa, sahabat SMA kami akhirnya berhasil menjalankan usaha Toko Buku Online. Masih ingat betul sih, dulu awal Berdikari Book menjual beberapa buku dari kamar Kos Dana Gumilar (Owner dari toko buku Berdikari Book).


Ternyata peminat buku-buku yang ditawarkan Berdikari Book ini sangat banyak, gak heran saat ini bahkan dia sudah punya Toko Buku Offline Rumah Berdikari. Bahkan sekarang ini Dana juga turut membantu memasarkan buku dari penulis-penulis Indie. 


Beberapa kali Dana pernah sharing, penulis indie tuh sering kesulitan mendapatkan pasar. Melalui Berdikari Book ini, Dana punya keinginan bisa membantu memperkenalkan penulis atau penerbit indie.


Gak heran sih, koleksi buku di Berdikari Book ini banyak banget. Berbagai macam genre ada, mau yang serius seperti politik, filsafat, agama, sosial, hingga tulisan fiksi seperti novel dan horor tersedia juga.


Selain mengembangkan toko online melalui Website dan Aplikasi, Dana juga menyulap Rumah Berdikari menjadi lebih homey. Kalau kamu lagi di Jogja, coba saja mampir ke toko buku offline Berdikari Book ini. 


Tidak hanya bisa beli buku secara offline, tapi Rumah Berdikari juga menyediakan koleksi buku on the spot yang bisa dibaca langsung di tempat. Tempatnya nyaman banget buat baca buku, hening tapi semakin malam bisa makin ramai karena banyak yang nongkrong berdiskusi di tempat ini.


Nah usaha online jadi reseller buku ini bisa kamu coba juga, asal konsisten seperti yang dilakukan Dana di awal membangun usahanya. Jujur sih, aku pernah coba reseller buku anak dan modalnya cukup share materi reseller melalui sosial media saja. 


Usaha Konveksi Kaos dan Seragam


Maketees Konveksi - Sablon Jogja


Sebelum dunia digital marketing berkembang seperti saat ini, teman kami Fahmi Farid sudah menjalankan bisnis online konveksi kaos bola yang sempat booming. Kalau kalian pernah kena broadcast tawaran kaos bola Godonk Cloth, ya itu usaha konveksi Fahmi.


Saat ini usaha konveksi Fahmi sudah makin berkembang dan menjadi pemain besar di kota Yogyakarta. Bukan lagi jualan kaos bola, kini Fahmi lebih serius menjalankan konveksi baju seragam dan kaos. 


Dulu pemasaran produk Fahmi sekedar tawaran broadcast di grup sosial media, kini dia bisa mengandalkan melalui branding di website dan sosial media juga. 


Sebelum memiliki ruang produksi dan karyawan, usaha konveksi Fahmi berawal dari reseller kaos sablon di Jogja. Berkat konsistennya, usaha konveksinya ini makin besar menjadi Garment dan sudah melayani produksi kaos, polo, jaket, kemeja PDL, hoodie, sweater, Jas dengan kualitas premium dan harga terjangkau.


Untuk mendapatkan pelanggan, Fahmi tetap memasarkan produk garment melalui broadcast di grup sosial media. Berkat upaya konsisten broadcast ini, Fahmi sering mendapatkan pelanggan dari luar pulau Jawa, bahkan pelanggan baru dengan jumlah pesanan besar.


Nah kalau kalian mau coba usaha online tanpa modal, coba saja jadi reseller Maketees Konveksi milik Fahmi ini. 


Belajar dari konsisten broadcast yang dilakukan Fahmi, sebenarnya menjalankan usaha online dari rumah memang perlu layanan internet mumpuni seperti IndiHome. Begitu juga pengalaman saya dan suami, bahkan teman-teman seperjuangan di lingkungan komplek kontrakan. 


Demi mendapatkan layanan internet dengan kecepatan yang bagus, kami satu komplek sepakat memasang IndiHome dengan pilihan paket kecepatan Up to 50 Mbps. Selain mendapatkan internet cepat untuk usaha online, bermanfaat banget digunakan sebagai Internet Keluarga di rumah.

Usaha Jasa Penerjemah Tersumpah



Wordnesia, Jasa Penerjemah Tersumpah Jogja


Salah satu usaha online dari rumah yang dilakukan tetangga komplek kontrakan kami. Seperti saya dan suami, tetangga kami ini lebih sering terlihat di rumah karena memang pekerjaannya bisa dilakukan di rumah.


Layanan jasa penerjemah dari Wordnesia Translator ini bisa membantu kalian mendapatkan legalisasi dokumen ke kedutaan asing. Biasanya sih banyak dibutuhkan pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri.


Untuk mendapatkan pelanggan, Wordnesia Translator ini memang memanfaatkan digital marketing seperti branding sosial media, SEO, dan Ads. Tidak heran, pelanggannya bisa terus berdatangan setiap harinya. 


Selain jasa penerjemah, tetangga komplek kami lainnya juga ada yang menjalankan usaha kerajinan kulit dikenal dengan brand WatonMerch, ada juga yang menjual gambar digital di Internet.


Gak heran kan, kenapa kami memilih layanan IndiHome dengan kecepatan 50 Mbps? Tujuannya memang agar usaha online kami tidak mengalami kendala. 


Contohnya seperti customer service jasa penerjemah yang harus 24 jam stand by melayani calon pelanggan. Atau seperti usaha online saya dan suami, jualan produk digital di internet yang selalu membutuhkan kecepatan internet stabil. 


Dari pengalaman 3 usaha online dari rumah teman kami, mana nih yang ingin kalian coba? Ingat ya asal konsisten, jenis usaha apapun pasti cuan kok!

  • Share:

You Might Also Like

2 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)