Cara Melakukan Lean Startup dan Manfaatnya

By Farhati Mardhiyah - 1:02 AM

Baca Juga

lean startup, metode lean startup, hasil lean startup
source: freepik.com

Lean startup juga bisa dikenal sebagai metode perencanaan. Didalam membangun sebuah startup yang benar dan sesuai permintaan pasar tentu akan memerlukan sebuau sumbedaya yang besar. Mempelajarinya hanya dalam semalam saja dirasa mustahil terutama untuk orang awam yang baru mengenal startup.

Metode lean startup diperkenalkan oleh seorang teknokrat yang bernama Eric Ries. Lean Startup adalah sebuah metodologi yang diperkenalkan ditahun 2011. Dalam mencapai sebuah hasil maka banyak pebisnis yang mulai melirik metode ini.

Brand terkenal yang juga menerapkan metode ini dan berhasil adalah Dropbox hingga Wealtfront. Startup yang banyak menggunakan metode ini juga cukup sukses dan bahkan sudah dipakai hingga di berbagai negara. Berikut adalah Cara Melakukan Lean Startup dan Manfaatnya antara lain.

1. Built

Untuk memulai langkah pertama dalam membangun bisnis startup maka Anda perlu yang namanya membangun. Built atau juga diartikan membangun ini adalah langkah pertama untuk Anda yang ingin mulai membentuk bisnis startup. 

Melihat potensi pasar dan mulai menganalisis kebutuhan masyarakat masihlah kurang. Anda juga perlu membangun mindset, mencari tahu akan prospek pasar dan mencoba terjun langsung ditengah – tengah masyarakat untuk mengetahui kebutuhan yang sesungguhnya.

Dalam membuat sebuah startup maka Anda juga perlu melihat dari dalam diri dan bertanya apakah produk yang akan dibangun nanti sesuai dengan kebutuhan pasar yang sesungguhnya.

Anda harus benar – benar mengerti akan fundamental ekonomi berkelanjutan agar startup yang dibuat nanti tidak hanya mampu bertahan melainkan juga berkembang. Apapun startup yang akan dibuat selama itu dibutuhkan pasar maka hal itu akan memiliki sisi keberlanjutan dan dapat terus dikembangkan.

2. Measure

Untuk membuat startup menjadi lebih baik Anda dapat melakukannya dengan Measure. Dengan cara mengukurnya mulai dari tingkat keberhasilan, pelayanan, pemrosesan dan penginputan maka Anda akan tahu seberapa sukseskag startup yang Anda buat tersebut.

Anda dapat meminta pelanggan bahkan orang lain yang belum mengenal startup buatan Anda untuk mencoba dan mengikutinya secara langsung. Banyak pelaku bisnis yang berkecimbung di startup melakukan kunjungan kerja dari tempat ke tempat untuk mempromosikan startup yang telag dibuatnya.

Hal ini ditujukan untuk mengetahui seberapa banyak peminat hingga yang penasaran akan startup tersebut. Membuat startup memang tidaklah mudah namun Anda tetap dapat terus meningkatkan kualitas dan fleksibilitas hingga startup yang dibuat dapat berkembang pesat.

3. Learn

Dalam menciptakan terobosan baru maka perlu untuk melihat potensi pasar. Ini adalah cara yang jitu terlebih jika Anda sudah melakukan measure seperti berkunjung dari tempat ke tempat untuk menunjukkan startup buatan Anda dan meminta saran atas startup yang diperkenalkan tersebut.

Mempelajari terus baik budaya masyarakat terkait konsumsi hingga feedback dari masyarakat terhadap sebuah sistem yang dijalankan akan membuat Anda belajar dan berkembang. Tanpa dorongan dan penilaian masyarakat akan sulit untuk membuat startup bertahan. Hal ini karena dunia semakin berubah dan terus menunjukkan trend cara berfikir yang beragam akan membuat masyarakat terus mengalami perbedaan pendapat.

Anda juga harus bisa menarik minat dari pelanggan hingga startup yang sudah diperkenalkan dan dirancang sedemikian rupa mulai berkembang dan bisa dinikmati oleh banyak orang. Ini adalah cara untuk dapat membuat startup menjadi lebih baik dan berkembang.

4. Perusahaan menjadi semakin produktif

Dalam merancang hingga memperkenalkan startup. Dengan menggunakan lean startup maka perusahaan secara langsung akan semakin berkembang. Dengan penerapan ini perusahaan yang Anda pimpin akan terus memperbarui sistem, memperbaiki kinerja perusahaan hingga pada tahap selanjutnya adalah menyempurnakan startup.

Secara berkala perusahaan juga menjadi lebih aktif serta fokus terhadap produk yang dikembangkannya hingga akhirnya menjadi produk jadi yang sudah siap untuk diterjunkan di lapangan.


cara lean startup, metode lean startup
source: freepik.com


5. Hemat biaya

Startup pada umumnya dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan produknya. Menggunakan metode lean startup akan membuat pekerjaan yang Anda kerjakan menjadi lebih efisien. Startup yang Anda perkenalkan kepada masyarakat menjadi lebih cepat terserap hingga nantinya akan dapat dinikmati oleh banyak orang.

Perencanaan yang matang akan membuat produktifitas menjadi lebih cepat sehingga biaya yang dikeluarkan juga menjadi lebih rendah. Hemat biaya adalah satu dari sekian manfaat positif untuk perusahaan yang menggunakan konsep lean startup.

6. Menciptakan hubungan baik dengan pelanggan

Konsep dari lean startup adalah untuk mewujudkan kemudahan. Startup yang dirancang dengan tepat akan menghasilkan produk yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Anda juga dapat menciptakan hubungan baik dengan pelanggan.

Dengan langsung mendatangi berbagai tempat dan memperkenalkan startup yang Anda buat maka masyarakat juga akan semakin mengetahui produk yang Anda tawarkan. Teknologi yang terus mengalami peningkatan tentunya akan segera dapat dipahami oleh masyarakat terlebih jika startup yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pasar.

7. Dapat diterapkan pada beragam jenis bisnis

Dalam membuat sebuah keputusan maka Anda dapat menentukan target dan kebutuhan pasar. Lean startup merupakan metode tepat dalam merancang dan membuat startup. Keuntungan dari cara ini adalah dapat diterapkan pada beragam jenis bisnis.

Anda dapat menciptakan sebuah bisnis baik travel, kuliner bahkan jasa antar juga bisa diterapkan. Cara ini juga akan membantu startup menjadi lebih terbuka dan dapat dikenali oleh banyak orang. Anda bisa meningkatkan kinerja dari startup hingga nantinya akan menjadi lebih baik dan berkelas.

Cara Melakukan Lean Startup dan Manfaatnya akan berdampak baik untuk perkembangan bisnis. Dengan memahami dan menerapkannya secara langsung maka startup berpotensi semakin berkembang.

  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)