Peluang Kerja Kuliah Jurusan Komputer, Profesi Paling Banyak Dibutuhkan Perusahaan!

By Farhati Mardhiyah - 9:02 AM

Baca Juga



Kuliah jurusan komputer belajar apa saja? Ada banyak hal yang dipelajari, mulai dari pembuatan dan pemeliharaan website, pembuatan perangkat lunak desktop dan mobile, pengelolaan basis data dan masih banyak lagi.

Jurusan komputer saat ini hingga masa datang akan banyak dibutuhkan oleh Perusahaan. Sebab, perkembangan teknologi menuntut bidang teknologi atau komputer harus disertakan dalam perusahaan. Dari perusahaan kecil hingga bergengsi, pasti membutuhkan lulusan dari jurusan komputer.

Jurusan Komputer Banyak Peminat

Kuliah jurusan komputer mempelajari bagaimana membuat dan merealisasikan ide kreatif, membuat detail struktur instruksi, dan memecah fungsi-fungsi dalam bahasa pemrograman. Meskipun kuliah jurusan ini tidak mudah, faktanya peminat jurusan komputer terus mengalami peningkatan tiap tahunnya.

Peminat jurusan komputer yang tinggi ini disebabkan karena adanya kebutuhan industri. Perkembangan teknologi yang pesat tidak bisa lepas dari kebutuhan ahli pada bidangnya. Setidaknya inilah alasan kenapa jurusan komputer banyak peminat.

Perkembangan Teknologi

Teknologi berkembang begitu pesat, ditambah generasi Z lebih condong memiliki ketertarikan di dunia teknologi dan internet. Ini lah yang membuat jurusan komputer terus mengalami peningkatan tiap tahunnya. 

Kebutuhan Industri Meningkat

Perkembangan teknologi juga membuat cara kerja di perusahaan menjadi serba digital. Penggunaan internet yang semakin marak membuat setiap perusahaan harus mengikuti perkembangan teknologi, termasuk menerapkan sistem digitalisasi. 

Untuk menyokong keberhasilan bisnis perusahaan, lulusan jurusan komputer dalam setiap perusahaan sangat krusial dan harus memiliki karyawan ahli dalam bidangnya.

Kesempatan Bekerja Lebih Tinggi

Berbicara peluang kerja kuliah jurusan komputer, saat ini banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan. Lulusan jurusan komputer memiliki kesempatan lebih besar untuk cepat bekerja di perusahaan. 

Selain itu, lulusan jurusan komputer juga bisa bekerja paruh waktu dan independen sebagai konsultan IT, UI/UX Designer, Web Developer, hingga membuat startup. 

Apa Saja Peluang Kerja Lulusan Jurusan Komputer?



Profesi lulusan jurusan komputer di perusahaan cukup banyak, tidak hanya terfokus sebagai programmer saja. Gaji untuk lulusan jurusan komputer yang ditawarkan dari perusahaan juga cukup tinggi. Tidak heran jika pekerjaan di bidang teknologi komputer ini penuh tantangan.

Gaji lulusan komputer untuk level fresh graduate rata-rata bisa memperoleh 4 hingga 7 juta rupiah per bulan. Lalu, untuk entry level bisa mendapatkan gaji dua digit tergantung dari masing-masing perusahaan.

Nah, kalau kamu berminat kuliah jurusan komputer, coba lihat dulu peluang kerja berikut ini lalu putuskan fokus studi yang hendak diambil.

Software Engineer

Umumnya, pekerjaan ini bertugas untuk mengembangkan software dan kebutuhan lainnya untuk mendukung pekerjaan lain. Biasanya software engineer menciptakan perangkat lunak dan dikembangkan menjadi simulasi teknologi menarik.

Web Designer

Peluang kerja web designer saat ini masih tinggi, profesi ini bertugas untuk membuat website dan merancang tampilan website. Ada dua jenis profesi web designer yaitu front-end developer dan back-end developer. 

Programmer

Profesi ini bisa ditekuni sejak masih duduk di bangku kuliah, kamu bisa mengambil project freelance yang banyak ditawarkan di berbagai marketplace. Profesi ini berkaitan dengan pembuatan website, program komputer, program aplikasi, dan lainnya. Pemrograman mengharuskan kamu memiliki kemampuan bahasa pemrograman kotlin atau jawa. 

System Analyst

Tidak hanya banyak dibutuhkan oleh perusahaan Startup, lulusan jurusan komputer juga banyak dibutuhkan perusahaan banking. System Analyst adalah profesi yang dibutuhkan untuk mengembangkan software di perusahaan. 

Accounting Clerk

Jurusan komputer juga dibutuhkan dalam bidang akuntansi. Perkembangan teknologi juga menjadikan proses penyelesaian masalah hutang piutang, tata buku, dan mencatat setiap transaksi sekaligus tingkat bunganya menggunakan software.

Jika tertarik berprofesi sebagai system analyst dan accounting clerk, kamu harus mengambil jurusan komputerisasi akuntansi. Kedua profesi ini menawarkan gaji yang tinggi, bahkan bisa mencapai belasan jutaan rupiah.

Meskipun teknologi saat ini sudah serba digital, masih ada pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh mesin. Contohnya proses pengolahan data akuntansi perusahaan yang menggunakan sistem komputer atau program software membutuhkan profesi ahli di bidangnya.

Berminat kuliah jurusan komputerisasi akuntansi? Salah satu universitas di Bandung ini menyediakan kelas karyawan dan kelas reguler dengan biaya kuliah terjangkau.

  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)