Review Salep Ruam Popok Bepanthen Untuk Atasi Iritasi Pada Kulit Bayi

By Farhati Mardhiyah - 11:06 PM

Baca Juga

review salep ruam popok, salep popok bayi, salep ruam popok, salep untuk bayi, review bepanthen, bepanthen, bepanthen salep ruam popok, harga salep bepanthen, beli bepanthen, ruam popok, cara mencegah ruam popok
Rekomendasi Salep Popok Bayi Untuk Iritasi Pada Kulit Bayi


Beberapa kali saat bayiku mengalami ruam popok pasti langsung direkomendasikan "Coba kasih salep ruam popok Bepanthen aja dulu". Ternyata benar, salep popok bayi ini bisa mengatasi ruam popok, iritasi kemerahan seperti biang keringat pada bayi dan luka bakar.

Namanya kulit bayi masih tipis dan super sensitif, apalagi kalau pakai popok lebih rentan mengalami ruam popok dibandingkan bayi yang menggunakan popok kain. 

Biasanya saat mengalami ruam popok, bayi akan sedikit rewel dan tidak nyaman.

Kebetulan anakku memang sering banget mengalami ruam popok, apalagi saat aku tidak sadar ternyata popoknya sudah lama terisi poop

Gak cuma itu aja, kadang aku juga lupa ganti popoknya sebelum tidur. Akhirnya muncul bintik merah disekitar bokong anakku, maka itu perawatan kulit bayi bagiku penting banget supaya anakku selalu merasa nyaman dan anteng.

Melihat Tingkat Ruam Popok Pada Bayi


Kalau sudah besar mungkin saat mengalami ruam popok dengan bintik kemerahan akan reflek garuk-garuk. Sayangnya usia bayi seperti anakku masih 4 bulan, cuma bisa memberikan isyarat tidak nyaman dengan rewel menangis.

Kalau sudah rewel yang pusing bukan hanya Ibunya saja, tapi bisa seisi rumah bahkan bisa bikin riyuh grup keluarga. Mengalami juga gak kaya gitu?

Apa sih Sebenarnya Ruam Popok? 


Ruam popok adalah infeksi atau radang kulit yang terjadi di area yang kontak dengan popok seperti sekitar paha atau bokong. 

Tanda-Tanda Ruam Popok


Jangan salah ya Bun, ruam popok gak cuma terjadi saat bokong anak kita terlihat banyak bintik kemerahan saja. Bisa jadi hanya muncul sedikit saja di area lipatan, sebelum menyebar lebih luas baiknya langsung diatasi seperti yang pernah aku alami.

Dulu anakku pernah rewel seharian, pas mau mandi sore ternyata beberapa area bokongnya mengalami bintik kemerahan. Padahal paginya, bokong anakku cuma terlihat kemerahan dibagian lipatan aja. 

Ternyata ruam popok itu ada tingkatannya, meskipun hanya lipatan saja kalau tidak segera diatasi dengan salep ruam popok bisa cepat menyebar dan lebih parah.

review salep ruam popok, salep popok bayi, salep ruam popok, salep untuk bayi, review bepanthen, bepanthen, bepanthen salep ruam popok, harga salep bepanthen, beli bepanthen, ruam popok, cara mencegah ruam popok
Tingkat Ruam Popok, source : desitin.com

Penyebab Ruam Popok

Sebelum mengatasi ruam popok pada bayi, sebaiknya ketahui dulu penyebab utamanya. Tujuannya selain mengobati, kita juga bisa mencegah terjadinya ruam popok pada bayi.

Penyebab ruam popok yang paling utama adalah gesekan kulit dengan popok yang terjadi secara terus menerus. Bisa jadi karena jenis atau bahan pospak atau popok yang digunakan tidak cocok dengan kulit bayi.

Penyebab ruam popok juga bisa terjadi karena adanya gesekan dari bahan yang kasar seperti tissu basah, tissu kering atau kain pada pakaian. Nah, Bunda bisa mencari terlebih dahulu penyebab utamanya.

Cara Mencegah Ruam Popok Pada Bayi


Seperti yang sudah saya sampaikan, mengetahui penyebab ruam popok terlebih dahulu itu penting. Tujuannya supaya kita bisa melakukan pertolongan pertama untuk mencegah atau mengatasi ruam popok dengan cepat.

Contohnya seperti yang pernah aku lakukan, kalau sudah terlihat bintik kemerahan biasanya aku mulai ganti pospak dengan clodi. Pospak hanya digunakan saja pada malam hari, bahkan sebelum tidur diganti dulu.

Kurang lebih, cara mencegah ruam popok seperti ini.

  • Rutin mengganti popok anak, maksimal 4 jam sekali
  • Ketika terlihat ada bintik kemerahan, boleh ganti diapers dengan clodi
  • Pastikan kulit area bokong sudah kering sebelum memakai popok
  • Gunakan diaper ukuran lebih besar, misalnya pakai ukuran M coba dulu saja pakai ukuran L terlebih dahulu
  • Gunakan salep ruam popok se-segera mungkin
Untuk salep ruam popok bayi aku mau rekomendasiin Bepanthen. Dari usia anakku kurang dari 1 bulan, salep ini udah jadi andalan mengatasi masalah ruam popok, iritasi biang keringat, dan kadang luka akibat cakaran juga.

Dari pada semakin penasaran, yuk simak review lengkap salep Bepanthen berikut ini!

Review Bepanthen Untuk Atasi Iritasi Kulit Bayi

review salep ruam popok, salep popok bayi, salep ruam popok, salep untuk bayi, review bepanthen, bepanthen, bepanthen salep ruam popok, harga salep bepanthen, beli bepanthen, ruam popok, cara mencegah ruam popok
Salep Bepanthen bisa digunakan untuk atasi iritasi kulit pada bayi

Iritasi kulit bayi disini mengartikan tidak hanya ruam popok saja ya, tapi juga biang keringat, atau kemerahan karena tidak cocok dengan produk tertentu.

Pemakaian Bepanthen ini tidak tiap hari kok, dan bukan dipakai diseluruh kulit. Cara pakai salep Bepanthen cukup oleskan secara tipis pada area kulit yang sedang mengalami kemerahan. Bepanthen juga boleh digunakan pada wajah tau sekitar mulut bayi, tapi oleskan tipis ya.

Kebetulan anakku pernah mengalami lecet di area lipatan leher, muncul bintik kemerahan di sekitar wajah dan punggung. Nah, setelah diberikan salep Bepanthen secara rutin setelah mandi, esok harinya langsung membaik. 

Untuk iritasi ruam popok, dengan tingkat kemerahan yang rendah dan hanya disebabkan oleh bakteri pemakaian Bepanthen akan bekerja lebih cepat. 

Sedangkan, kalau ruam popok disebabkan oleh jamur biasanya ditandai dengan spot area kemerahan yang lebih luas dan muncul bintik kemerahan seperti jerawat akan sembuh dalam 2 - 3 hari.

Cara Kerja Bepanthen dalam Mengatasi Iritasi Kulit


Bepanthen punya triple action formula yang manfaatnya bisa sekaligus melembutkan, melindungi dari gesekan dan merawat kulit bayi.

review salep ruam popok, salep popok bayi, salep ruam popok, salep untuk bayi, review bepanthen, bepanthen, bepanthen salep ruam popok, harga salep bepanthen, beli bepanthen, ruam popok, cara mencegah ruam popok
Salep Popok Bayi Bepanthen

Formula dan Kegunaan Bepanthen

  • Sweet Almond Oil dan Paraffinum Liquidum untuk melembutkan kulit bayi
  • Lanolin untuk memberikan lapisan pori melindungi dari gesekan popok
  • Dekspanthenol (Pro Vitamin B5) untuk merawat kulit bayi
Harga Bepanthen cukup terjangkau hanya 70ribuan saja, dan mudah ditemukan di Apotek manapun bahkan bisa dengan mudah kamu temukan di official marketplace Bepanthen.

Menurutku salep ruam popok bayi apapun hanya bisa digunakan untuk pertolongan pertama ya Bun! Nah, misalnya anak kamu ternyata setelah pakai salep ini tidak kunjung membaik, disarankan langsung bawa ke dokter Spesialis anak ya!

Kalau Bunda lainnya gimana? Ada yang punya pengalaman ruam popok dan pakai Bepanthen ini juga? Sharing juga yuk, dan boleh kok tanya-tanya di kolom komentar ya!

  • Share:

You Might Also Like

0 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca sampai selesai-
Jika ingin bertanya, silahkan sign in Google Account/ Isi Nama dan URL terlebih dahulu agar kolom komentar kamu terlihat dan terjawab disini ya :)